Senin, 30 Juli, 2012 oleh Guruh Mandala

Tulisan di bawah ini akan menjelaskan kepada kita semua secara logis mengenai: Apa yang terjadi ketika Nusanet memperkenalkan jenis layanan/Paket Baru kepada Pelanggan (biasa akan terjadi secara semi-reguler). Bagaimana Nusanet memberitahukan kepada Anda ketika Paket Baru dikeluarkan dan bagaimana hal ini adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda, bukan Nusanet untuk memutuskan apakah Anda ingin mengambil keuntungan dari setiap Layanan/Paket Baru yang akan dikeluarkan secara semi-reguler.

Masalah ini umumnya terjadi pada Paket Internet Broadband Wireless Access, namun secara keseluruhan ini menjadi dasar acuan bagi setiap jenis layanan Nusanet BDL kepada seluruh pelangggannya.
Kami akan coba menjelaskannya dalam bentuk “Pertanyaan dan Jawaban” atau (Q&A).

Mengapa Nusanet mengeluarkan Paket/Layanan Baru?

Nusanet dari waktu ke waktu selalu melakukan revisi terhadap jenis Paket/Layanan yang sudah berjalan dan secara reguler memperkenalkan jenis Layanan baru kepada seluruh pelanggannya, untuk berbagai macam alasan.

Kadang-kadang ini terjadi karena kami mendapatkan posisi tawar-menawar dengan Operator/Upstream Provider kami yang lebih baik. Sehingga antara “Supply and Demand” terjadi peningkatan efisiensi disisi kami, yang memungkinkan kami untuk memberikan value added/nilai poin yang lebih baik kepada pelanggan kami.
Kadang-kadang karena kita telah membangun infrastruktur baru yang memungkinkan kita memberikan penawaran layanan yang sama sekali baru (atau fitur baru pada layanan yang ada).
Kadang-kadang ini terjadi memang…. ‘hanya karena‘.

Ketika keluar Paket/Layanan Baru, bagaimana Nusanet memberitahukannya kepada Saya?

Kami mengalami banyak masalah dalam menghubungi para pelanggan kami sewaktu mengeluarkan Paket Baru. Paket Baru Nusanet bukan sebuah Rahasia.
Kami ingin Anda tahu kapan Paket Baru ini tersedia dan kami ingin Anda yang membuat keputusan (jika Anda ingin) apakah Anda ingin pindah Paket Baru atau tidak.
Kami menggunakan berbagai macam cara untuk memastikan seluruh pelanggan kami memiliki kesempatan untuk melakukan revisi terhadap Paket lama mereka.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang umum/biasa kita gunakan secara rutin:

  • Melalui Mailing List dari admin@bdl.nusa.net.id ke seluruh pelanggan kami yang telah mencantumkan alamat email pribadi sewaktu pemasangan pertama.
  • Pemberitahuan secara tertulis yg disertakan pada saat invoice bulanan dikirim setiap awal bulan ke pelanggan.
  • Update News terbaru melalui melalui website www.bdl.nusa.net.id
  • Detail update Paket terbaru juga akan menyusul diupdate di dalam website www.bdl.nusa.net.id
  • Melalui akun Twitter: @Nusanet_Bdl

Apa yang terjadi pada Paket/Promo Lama yang digantikan oleh Paket/Promo Baru?

Pada umumnya, ketika kami melakukan revisi terhadap sebuah Produk/Paket, maka biasanya Paket Lama tersebut akan dihapus dan tidak akan kami tawarkan ke pelanggan baru lagi. Dan proses ini sering disebut sebagai “Pengecualian Paket/ Paket Khusus

Paket/Promo Lama itu tidak hilang. Paket ini masih persis sama seperti sebelumnya, namun kami hanya tidak menawarkannya kembali untuk dijual ke pelanggan baru.

Secara umum Nusanet akan melakukan support penuh kepada seluruh pelanggan yang masih menggunakan Produk Lama tanpa batas waktu yang ditentukan (selama masih ada pelanggan yang terus menggunakannya). Dan kami dari waktu ke waktu selalu mengirimkan pemberitahuan tambahan kepada pelanggan yang masih menggunakan Produk Lama, bahwa saat ini sudah ada Produk Baru yang mungkin lebih baik dibandingkan yang lama yang bisa dilihat pada website Nusanet BDL.

Mengapa Nusanet tidak secara otomatis merubah Paket Lama yang telah diambil oleh Pelanggannya ketika ‘sebuah Produk yang lebih baik’ muncul?

Ketika Anda memilih Paket/Layanan Anda sekarang, maka sebenarnya pada saat itu Anda telah mengambil keputusan mengenai harga/biaya bulanan VS kegunaan/manfaat (kecepatan, kuota, fitur teknis lainnya).

Setiap pelanggan sebelum menggunakan jasa layanan Internet Nusanet sebelumnya telah menandatangani sebuah surat Perjanjian Kontrak Berlangganan. Dimana di dalam Perjanjian Kontrak Berlangganan ini isinya adalah kontrak antara kami dengan Anda, dimana kami diwajibkan untuk terus memberikan (men-supply) layanan yang telah kami janjikan sebelumnya sesuai dengan harga yang kami janjikan dan disepakati oleh kedua belah pihak.
Jika sebuah Paket/Produk Baru muncul maka Paket yang telah Anda ambil akan masuk dalam “Kelompok Paket Khusus” (mohon baca kembali informasi pada paragraf di atas). Dan Anda masih akan tetap menerima persis sama dengan apa yang telah Anda setujui untuk bayar sebelumnya.

Ada beberapa alasan mendasar mengapa Nusanet tidak bisa memindahkan Anda secara otomatis, ketika sebuah Produk Baru muncul/direvisi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kami memiliki kontrak dengan Anda untuk memberikan layanan tertentu, dan tanpa izin resmi dan tertulis dari Anda, kami tidak dapat mengubah secara sepihak Produk yang Anda ambil tanpa persetujuan dari Anda. Apakah Produk tersebut ‘‘lebih baik” atau “lebih buruk” hanya Anda sendiri yang tahu tentang hal itu. Dan kami telah mencoba memberitahu Anda tentang Paket Baru dengan berbagai macam cara yang telah disebutkan di atas.
  • Bahwa Nusanet BDL memiliki masa kontrak minimum 6 Bulan dimana apabila sebelum masa kontrak berakhir pelanggan ingin berhenti berlangganan maka akan dikenakan Penalty Fee sebesar Rp. 1.000.000,- (tidak seperti beberapa ISP lain dimana Anda akan terjebak dalam satu Paket Layanan yang sama selama 1 periode masa kontrak). Sisi lain dari fleksibilitas ini adalah sebuah harapan sederhana dari Nusanet BDL kepada pelangganya bahwa Anda-lah yang memutuskan sendiri kapan rencana melakukan perubahan paket, daripada harus menunggu Nusanet memutuskan Anda.

Anda dapat meminta perubahan paket setiap saat Anda suka, dan perubahan paket tersebut akan menjadi efektif pada awal periode penagihan berikutnya.

Cara terbaik untuk melakukan perubahan Paket Lama Anda ke Paket Baru adalah dengan memberitahukan kepada kami melalui telepon ke Sales ataupun ke Kantor Nusanet 0721-240654 dan membuat pernyataan melalui email ke cs@bdl.nusa.net.id , yang isinya bahwa Anda ingin agar diikutkan pada Paket Baru.

Tapi Apakah sudah pasti bahwa Paket Baru Nusanet akan lebih baik dibandingkan Paket Lama Saya?

Ketika sebuah Paket Baru dikeluarkan, maka berikut ini adalah beberapa kemungkinan jawaban apakah Paket Baru tersebut bisa lebih berguna atau menjadi “Paket ‘Terbaik” Anda (dibandingkan Paket Lama Anda)?

Ini beberapa kemungkinan alasannya:

  • Anda mungkin ingin mendapatkan kuota yang lebih besar dengan harga yang sama (atau sedikit lebih mahal).
  • Paket Baru TIDAK memperhitungkan UPLOAD (tidak masuk dalam jumlah kuota yang Anda ambil), sedangkan Paket lama memperhitungkan UPLOAD (atau sebaliknya)
  • Anda mungkin ingin mendapatkan yang sama (atau serupa) kuota tetapi untuk harga yang lebih rendah.
  • Anda mungkin ingin paket UNLIMITED, dimana Nusanet saat ini sudah mulai menjual layanan Internet melalui Line telepon Anda, dengan nama nusADSL. Dimana Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Produk yang menggunakan media WIRELESS selama ini.
  • Anda mungkin ingin menggunakan fitur baru yang hanya ada pada tingkat layanan yang lebih tinggi seperti PREMIUM BUSINESS ACCOUNT atau XTREME WIRELESS PLANS.
  • Paket Baru kadang-kadang terlihat lebih murah dibandingkan Paket Lama Anda. Dan kami tidak ada alasan apapun juga untuk mendorong Anda untuk TIDAK melakukan migrasi ke Paket Baru. Hanya Anda sendiri yang tahu apakah Paket Baru lebih berguna untuk Anda atau malah sebaliknya.

Pilihan ini sering saling eksklusif. “HANYA ANDA” yang tahu jawabnya.

Dimana tidak ada perhitungan/rumus baku yang bisa menghitung apakah antara Paket Baru vs Paket Lama lebih menguntungkan ataukah lebih merugikan, dimana Anda dapat misalnya dapat memilih membayar lebih sedikit untuk mendapatkan kuota lebih banyak, ataupun Anda membayar lebih murah untuk kuota yang lebih kecil, dst.
Kadang-kadang jawaban yang ideal untuk Anda adalah bahwa Anda harus membayar sedikit lebih mahal untuk mendapatkan nilai lebih, tetapi kita tidak bisa hanya menaikkan harga Anda tanpa izin Anda!

Jika Anda tidak peduli dengan Paket Terbaru dan tidak meminta perbuahan Paket Lama ke Paket Baru, maka kami juga tetap akan terus memberikan apa yang telah kami janjikan sesuai dengan harga yang telah Anda setujui untuk bayar.
Jika Anda tidak ada masalah dengan Paket Lama Anda, dan Anda tidak perlu kuota lebih, dan tidak ingin pindah ke kecepatan yang lebih rendah, maka sebenarnya tidak jadi masalah.
Jika Anda ingin membayar lebih murah dengan kuota yang sama atau jika Anda mulai melakukan download besar dan melebihi Paket yang telah disetujui bersama, maka ini menjadi masalah. Namun dengan cara-cara yang telah kami sebutkan di atas, kami berharap bisa menjadi solusi dan jawaban dari pertanyaan Anda.

Apa yang terjadi jika Saya tidak ingin Pindah Paket Baru?

Nah, jika Anda tidak berubah pikiran, kita tetap akan memberikan apa yang telah kita janjikan, yaitu janji untuk menyediakan jasa/servis/layanan sesuai dengan harga yang telah kita sepakati dahulu.
Jika Anda masih menggunakan Paket yang “sangat tua”, maka Nusanet senantiasa memberikan informasi kepada pelanggan bahwa Nusanet telah mengeluarkan Paket Baru, apakah mempunyai rencana untuk pindah Paket Baru. Pada akhirnya, ini benar-benar merupakan keputusan Anda – dan Nusanet akan menyarankan Anda untuk mempertimbangkan apakah Paket Baru ini bisa lebih bermanfaat untuk Anda?
Dengan Kebebasan, maka datang tanggung jawab. Kami memberikan Anda kebebasan untuk merubah Paket Layanan, bahkan di dalam kontrak, tanpa penalti (sesudah 6 bulan).
Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan untuk melakukannya (atau tidak), dan sepenuhnya menjadi pilihan Anda.