Fair Usage Policy (FUP) di desain untuk meyakinkan bahwa layanan Broadband Wireless Anda dapat berjalan cepat dan handal ketika digunakan.

Beberapa dari pelanggan menggunakan software Peer to Peer atau file sharing (Bittorent, Kazaa, Limewire, dan lain-lain), yang secara konstan mengirim dan menerima video dan file berukuran besar lainnya sepanjang hari. Aktivitas seperti ini menggunakan bandwidth yang besar dan secara signifikan dapat mengurangi kecepatan customer lain yang mengakses Internet selama jam sibuk (peak hour). Kira-kira 1% dari pelanggan menggunakan lebih dari 30% bandwidth yang tersedia selama jam sibuk tersebut. Kami rasa hal ini tidak adil untuk sebagian besar pelanggan lainnya.

Fair Usage Policy (FUP) ini secara otomatis mengidentifikasi sedikit dari jumlah heavy-user (pengguna dengan pemakaian bandwidth besar) dan mengatur bandwidth mereka hanya pada jam sibuk (06.00 – 24.00 WIB / Senin – Minggu), untuk melindungi layanan bagi semua pelanggan. Di luar jam sibuk tersebut aktivitas heavy-user tersebut tidak mempengaruhi

Kami rasa hal ini adalah pendekatan paling adil. Kebijakan ini akan melindungi kualitas layanan untuk mayoritas besar pelanggan kami yang sedang memakai service pada waktu yang sama ketika heavy-user melakukan download dan upload tanpa pembatasan di luar jam sibuk.

Bagaimana saya tahu bahwa saya mendapat pengaruh dari Fair Usage Policy (FUP) ini?

Jika Anda tidak menggunakan software peer to peer atau file sharing, tidak mungkin Anda akan dipengaruhi oleh Fair Usage Policy (FUP) ini. Namun jika Anda menggunakan software Peer to Peer atau file sharing, kami akan menyarankan agar Anda berpikir lagi dengan penuh pertimbangan serta melakukan aktivitas mengirim dan menerima file besar dilakukan di luar jam sibuk.

Jika Anda terkena Fair Usage Policy (FUP) ini, maka kami akan menghubungi Anda melalui Email agar Anda tahu bahwa pemakaian Anda berlebihan pada jam sibuk dan hal itu mempengaruhi pelanggan lainnya. Email tersebut akan dikirimkan ke salah satu antara alamat Email Anda di Nusanet Bandar Lampung atau pada contact Email address Anda (jika keduanya berbeda) dan akan berisi saran sederhana dalam hal bagaimana mengurangi pemakaian Anda. Jika pemakaian Anda masih saja berlebihan, kami akan menghubungi Anda kembali melalui Email untuk menyuruh Anda mengurangi pengiriman dan penerimaan file dalam jumlah besar pada jam sibuk.

Jika pemakaian Anda tetap saja berlebihan pada jam sibuk, kami akan menghubungi Anda untuk ketiga kalinya untuk memperingatkan Anda bahwa kami akan membatasi bandwidth Anda selama jam sibuk untuk kebaikan semua pelanggan. Pembatasan ini hanya berlaku pada jam sibuk dan tidak berlaku pembatasan pada waktu lainnya.

Bagaimana kami mengatur pemakaian?

Cukup dengan memastikan file sharing, mengirim dan menerima file ukuran besar dilakukan di luar jam sibuk (peak hour)

Yang terjadi jika Anda dipengaruhi oleh Fairy Usage Policy (FUP)

Selama jam sibuk, customer yang terkena Fair Usage Policy (FUP) akan berbagi bandwidth dengan yang lain dan akan dipisahkan dengan pelanggan lain. Jumlah bandwidth yang disediakan oleh customer affected untuk di-share, paling sedikit sebanyak para pelanggan yang tidak dipegaruhi oleh kebijaksanaan ini

Kecepatan pelanggan yang terkena FUP ketika melakukan download pada jam sibuk akan dipengaruhi oleh apa yang mereka lakukan. Jika hanya melakukan browsing dan membaca Email, mereka akan mengalami kecepatan broadband normal. Di lain pihak jika mereka menggunakan Software Peer to Peer atau File Sharing, mereka akan mengalami kecepatan broadband yang lambat. Di luar jam sibuk, tidak ada batasan yang diterima.

Point Pernyataan yang harus disetujui pihak pelanggan dalam menggunakan jasa koneksi Internet dari Nusanet Bandar Lampung:

  • Masa percobaan adalah 3 hari, terhitung terkoneksinya Internet dari NUSANET kepada calon pelanggan.
  • Apabila pelanggan memutuskan kontrak sebelum kontrak berakhir, maka Calon Pelanggan diharuskan membayar penalti sebesar Rp. 1.000.000,-
  • Seluruh pelanggan Nusanet Bandar Lampung harus tunduk pada kebijakan penggunaan layanan (Fairy Usage Policy) yang bisa dilihat secara online di http://www.bdl.nusa.net.id/fup.htm
  • Untuk Business Wireless Plans, seluruh aplikasi bisa berjalan dengan kecepatan maksimum tanpa bloking, shaping, priorititasi.
  • Produk Unlimited Residental adalah layanan sharing bandwidth Internet dimana kecepatan Internet bervariasi tergantung situasi network saat itu.
  • Dedicated Wireless Plan memiliki kecepatan simetris dan di desain untuk alternatif pengambilan T1/E1 dengan kecepatan penuh
  • Minimal kontrak berlangganan adalah 1 tahun.
  • Radio, Canopy Motorola di pinjamkan.
  • Apabila pelanggan melakukan Down-grade, maka dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000,-